Wa Web

Meskipun awalnya dikembangkan sebagai aplikasi di HP, WhatsApp (WA) sekarang bisa kamu gunakan di PC dan laptop, lho! Dengan WhatsApp Web, kamu bisa mengakses WA di perangkat Windows, Mac, iPhone, maupun tablet iPad atau Android.

Dengan begitu, kamu tetap bisa menggunakan WA walaupun kamu sedang menggunakan PC, laptop, maupun tablet tanpa harus bolak-balik membuka HP-mu. Jadi, ketika kamu sedang mengerjakan tugas atau laporan, kamu tak akan kelewatan notifikasi chat baru dari orang lain.

Seiring dengan berjalannya waktu, WhatsApp pun kemudian merilis APK resmi untuk perangkat tablet iPad maupun Android. Dan setelah itu, rilis aplikasi WhatsApp for PC alias WhatsApp Desktop yang bisa kamu download dan install di PC maupun laptopmu.

Kalau begitu, apakah artinya WhatsApp Web tak perlu lagi kamu gunakan? Belum tentu, karena pada akhirnya kamu lah yang bebas menentukan mana versi WA yang paling nyaman buat kamu gunakan.

Tentang WA Web

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop pada dasarnya sama-sama merupakan ekstensi dari akun WA-mu di HP. Semua pesan yang kamu terima dan kirim di WA HP akan di sinkronisasi dengan PC/laptopmu. Dengan begitu, kamu tetap bisa terima dan kirim pesan saat di PC/laptop.

Apabila WhatsApp Desktop adalah aplikasi yang harus kamu download dan install di laptop/PC, lain halnya dengan WhatsApp Web. Soalnya, WA Web justru kamu akses melalui browser. Buat kamu yang tidak ingin menambah aplikasi di perangkat desktop, platform ini bisa jadi pilihan yang pas.

Fitur WA Web

Mirip seperti versi mobile-nya, WA Web juga dibekali dengan beberapa fitur yang bisa langsung kamu pakai. Tentu saja tujuannya adalah agar kamu bisa berkomunikasi dengan sama mudah dan cepatnya seperti ketika kamu menggunakan WA di HP. Kalau begitu, apa saja ya fitur-fiturnya?

  • Sinkronisasi history chat dari WA HP ke WA Web.

Setelah kamu sukses login ke dalam WA Web, kamu bisa lihat di panel sebelah kiri yang menampilkan daftar obrolan. Semua pesan yang kamu terima dan kirim lewat WA HP akan di sinkronisasi dengan WhatsApp Web sehingga tak ada satupun pesan yang terlewat.

Sinkronisasi history chat

  • Cek update status dari semua kontak WA.

Kamu juga bisa cek update status kontak WhatsApp-mu. Caranya adalah dengan mengklik ikon lingkaran yang ada di samping ikon New Chat. Jika ada lingkaran kecil berwarna hijau pada ikon Status, artinya ada update status WA baru.

Cek update status

  • Attach dan kirim berbagai format file dalam obrolan.

Kamu bisa kirim berbagai jenis file lewat WhatsApp Web, seperti dokumen Word, PowerPoint, PDF, Excel, audio, video, dan gambar lewat fitur “Attach”. Kamu bisa temukan fitur ini setelah kamu membuka percakapan dengan kontak WA.

kirim berbagai format file

  • Mengedit profil WA.

Di pojok kiri atas, terdapat ikon kecil bergambar foto profil WA-mu. Apabila kamu klik, kamu bisa membuka menu Profile untuk mengedit namamu di WA dan “About”. Kamu juga bisa ganti foto profilmu dengan mengklik fotomu lewat halaman ini.

Mengedit profil WA

Kelebihan WhatsApp Web

  • Memudahkanmu saat mengirimkan file berupa dokumen seperti gambar, teks, presentasi, PDF, dan sebagainya yang tersimpan di PC/laptop.
  • Tidak mengganggu konsentrasi dan produktivitas mu saat sedang menggunakan PC/laptop. Soalnya, kamu jadi tak perlu bolak-balik membuka HP untuk membuka dan membalas pesan yang masuk.
  • Lebih cepat saat copy-paste link yang ingin kamu share dengan orang lain lewat WA.
  • Bisa menggunakan WA di HP dan PC/laptop secara bersamaan tanpa harus logout dulu dari salah satu perangkat.

Kekurangan WhatsApp Web

  • WhatsApp Web akan langsung terputus kalau WA di HP tidak terhubung dengan sambungan internet atau HP-mu sedang dalam kondisi mati.
  • Hanya kompatibel dengan beberapa browser yang populer saja, seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari.
  • Kamu tidak bisa memanfaatkan WhatsApp Broadcast, menelepon, maupun melakukan video call ketika sedang menggunakan WA Web.
  • Notifikasi pesan masuk akan kamu terima di WA HP maupun web. Kalau kamu mengaktifkan suara notifikasi, tentu jumlah suara yang kamu dengar lebih banyak dan bisa terasa mengganggu.
BACA JUGA:  Mango Live Apk

Cara Menggunakan WA Web

Kalau begitu, bagaimana ya cara menggunakan WhatsApp Web? Untuk memandumu dalam menggunakan WhatsApp versi web, yuk simak panduannya berikut ini. Selamat membaca dan mencoba!

1. Login WhatsApp Web

Kamu bisa login ke dalam akun WhatsApp-mu dengan mudah dan cepat di WhatsApp Web selama WA di HP selalu online. Ini dia langkah-langkah login ke dalam akun WA di web.

  • Buka browser dan ketik alamat web.whatsapp.com untuk membuka WA Web dan jendela browser-mu akan menampilkan pesan seperti di bawah ini.

Login WhatsApp Web

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP Android atau iPhone, kemudian tap ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas dan pilih “Linked devices”. Kemudian tap tombol “LINK A DEVICE” dan arahkan kamera ke QR code yang ada di halaman WA Web tadi.

pilih Linked devices

Tunggu selama beberapa saat sampai halaman browser berubah menjadi tampilan halaman WhatsApp. Setelah kamu sukses login di WA Web, kamu bisa langsung mengobrol dengan semua orang yang ada di kontakmu. Gampang, kan?

2. Memulai obrolan.

Sekarang, kamu sudah sukses login ke dalam akun WA-mu lewat WhatsApp Web. Lalu, bagaimana kamu bisa mulai mengobrol dengan kontakmu, ya?

Tenang saja, karena caranya juga sama gampangnya dengan WhatsApp di HP maupun aplikasi WhatsApp for PC, kok. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pada panel sebelah kiri, kamu bisa temukan daftar percakapan yang sudah tersinkron antara WhatsApp HP dengan web. Scroll dari atas sampai bawah dan klik percakapan manapun yang kamu mau.
  • Kamu juga bisa gunakan kotak pencarian seperti yang ditunjukkan di bawah ini untuk menemukan percakapan yang kamu cari.

Memulai obrolan

  • Apabila kamu ingin memulai percakapan baru dengan orang yang belum ada di history (artinya kamu belum pernah mengobrol dengan orang tersebut), kamu bisa klik ikon New Chat. Kemudian cari kontak yang ingin kamu ajak chat.
  • Setelah menentukan kontak yang mau kamu ajak ngobrol, tuliskan pesan di dalam kolom “Type a message” yang berada di bagian bawah pada panel sebelah kanan.

Type a message

Pada dasarnya, sekarang kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp Web untuk ngobrol dengan teman, saudara, pasangan, atau gebetan. Tapi, bagaimana kalau kamu ingin mengirim file, ya? Misalnya file tugas kuliah ke teman sekelompok atau laporan pekerjaan ke teman kerja?

3. Mengirim file/dokumen lewat WA Web.

Apabila kamu butuh mengirimkan file seperti dokumen laporan, video, atau audio, kamu juga bisa melakukannya lewat WhatsApp Web, kok. Seperti ini caranya.

  • Buka dulu percakapan dengan kontak yang akan kamu kirimi file. Kemudian klik ikon Attach.
  • Pilih jenis file yang ingin kamu kirim: Room, Contact, Document, Camera, atau Photos & Videos.

Mengirim file dokumen

  • Setelah itu, jendela “File Upload” akan muncul. Cari dan pilih file yang mau kamu kirim, kemudian klik “Open”.

jendela File Upload

  • Selain cara tadi, kamu juga bisa drag file-nya secara langsung dari File Explorer ke halaman percakapan dengan kontak yang mau kamu kirimi file.

drag file secara langsung

  • Untuk mengirimkan file, klik ikon kirim berwarna hijau yang ada di pojok kiri bawah jendela WhatsApp Web.

ikon kirim berwarna hijau

Adanya fitur Attach ini jelas bisa mempermudahmu jika kamu butuh berbagi file dengan orang lain. Makanya WhatsApp masih digunakan untuk berkomunikasi terkait dengan urusan pekerjaan atau produktivitas.

4. Mengedit profil WA.

Lewat WhatsApp Web, kamu juga bisa mengedit beberapa informasi personal lewat menu Profile, lho! Hanya saja, catat bahwa perubahan yang bisa kamu lakukan lewat WA Web terbatas dibandingkan dengan pilihan pengaturan yang ada di WhatsApp versi HP.

  • Klik ikon profilmu yang ada di pojok kanan atas dengan gambar foto profilmu untuk membuka menu Profile.
  • Untuk mengubah foto profil, kamu bisa klik foto profilmu saat ini, kemudian ganti dengan foto lain. Kamu bisa pilih opsi “Upload photo” untuk meng-upload foto yang sudah ada di PC/laptop, atau “Take photo” yang akan membuka program kamera di PC/laptopmu.
  • Untuk mengubah nama, klik ikon gambar pensil yang ada di sampingnya dan kamu bisa edit dengan nama lain yang kamu inginkan. Kalau sudah, klik ikon tanda centang untuk menyimpan perubahan tersebut.
  • Untuk mengedit “About”, kamu juga perlu klik ikon pensil yang ada di sampingnya. Kemudian kamu bisa edit pesannya dengan pesan dan/atau emoji yang kamu inginkan. Jika sudah, klik ikon tanda centang.

lewat menu Profile

Sayangnya, WhatsApp Web belum dilengkapi dengan fitur untuk meng-upload Status. Meski begitu, kamu masih tetap bisa melihat update Status WhatsApp yang dibuat oleh kontakmu.

5. Melihat dan merespon Status orang lain.

Sama seperti aplikasi WhatsApp for PC, WhatsApp untuk web ini sama-sama belum dibekali dengan fitur upload Status. Hanya saja, seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa lihat semua update kontak WA-mu. Caranya seperti ini.

  • Klik ikon Status berbentuk lingkaran yang ada di samping ikon New Chat.
  • Kamu bisa temukan berbagai status yang diupdate oleh kontak WA-mu. Untuk melihatnya, kamu hanya perlu klik kontak tersebut.
  • Selain melihat, kamu juga bisa merespon Status orang lain, lho! Saat kamu mengklik salah satu kontak untuk melihat statusnya, kamu bisa tulis pesan pada kotak “Type a reply” yang ada di bawah. Setelah itu, tekan Enter atau klik ikon Send.
BACA JUGA:  Whatsapp Clone

Melihat dan merespon Status

Meskipun belum dilengkapi dengan fitur update status, kamu tetap bisa melihat-lihat update status orang lain. Jadi, kamu tak akan ketinggalan update terbaru dari orang-orang yang ada di kontak WA-mu

6. Men-download file yang kamu terima.

Selain mengirim file, kamu tentunya juga bisa menerima file lewat WhatsApp Web, dong! Hanya saja, berbeda dengan WA di HP yang bisa kamu atur agar bisa download file secara otomatis (auto download), kamu harus melakukannya satu per satu di WA Web.

  • Begitu kamu menerima file dari sender, klik ikon dengan tanda panah ke arah (simbol download) pada file tersebut.

Men-download file

  • Setelah itu, pesan pop-up akan muncul dengan pilihan “Open with” atau “Save file”. Oh iya, tutorial ini dilakukan di browser Firefox, jadi opsinya bisa berbeda jika kamu memakai browser lain seperti Chrome dan Opera. Tapi pada dasarnya sama saja, kok!
  • Klik “Save file” agar kamu bisa menyimpan file tersebut.

Open with atau Save file

  • Untuk file media seperti gambar dan video, arahkan dulu kursor ke file media tersebut. Kemudian klik ikon yang ada di pojok kanan atas file media, seperti yang bisa kamu lihat dalam gambar berikut ini.

file media tersimpan

  • Klik ikon tersebut dan pilih opsi “Download”. Kemudian file media tersebut akan tersimpan ke PC/laptopmu.

Biasanya, file yang kamu download dari WhatsApp Web akan tersimpan di folder Download pada perangkatmu. Tentu saja foldernya bisa berbeda kalau kamu memiliki pengaturan yang berbeda, ya!

7. Memblokir kontak.

Bagaimana jika kamu mendapatkan pesan mengganggu saat sedang menggunakan WhatsApp Web dan ingin memblokir sender pesan tersebut? Contohnya sender yang mengirimi pesan tawaran judi, pinjaman online ilegal, dan sebagainya.

Kalau kamu mengalaminya, kamu tak perlu khawatir karena WA Web juga dilengkapi dengan fasilitas untuk memblokir kontak. Seperti ini caranya.

  • Klik dan buka percakapan dengan sender yang mengganggu tersebut.
  • Di bagian bawah, kamu akan langsung mendapati pesan berisi “The sender is not on your contact list” beserta 3 tombol di bawahnya. Pilih tombol “BLOCK”.

Memblokir kontak

  • Kalau pesan tersebut tidak muncul di tempatmu, kamu bisa klik kontak/nomor sender tersebut yang ada di bagian atas.
  • Panel pada jendela WA Web akan bertambah dengan kemunculan panel Contact Info yang ada di sebelah kanan. Scroll sampai bawah dan klik opsi “Block”.

klik opsi Block

Adanya fasilitas untuk memblokir kontak yang mengganggu ini tentu bisa membuatmu lebih tenang dan nyaman selama menggunakan WhatsApp, termasuk WhatsApp Web.

8. Mematikan notifikasi.

Kalau kamu ingin fokus mengerjakan tugas atau bekerja di PC/laptop, notifikasi WA memang bisa terasa mengganggu. Untungnya, kamu juga bisa mematikan notifikasi lewat WhatsApp Web. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka ikon tiga titik yang ada di panel sebelah kiri, lalu pilih opsi “Settings”.
  • Klik opsi “Notification”.
  • Untuk mematikan semua notifikasi, kamu bisa klik dan mencentang pada pilihan “Turn off all desktop notifications” dan tentukan mau selama apa kamu ingin mematikan notifikasi WA. Kalau sudah, klik “Mute Notifications”.

Mematikan notifikasi

Selain mematikan semua notifikasi, kamu juga bisa mematikan suara notifikasi saja (“Sounds”), atau menonaktifkan peringatan pada PC/laptop (“Desktop Alerts” dan “Show Previews”). Caranya adalah dengan mengklik untuk menghilangkan tanda centang pada opsi yang kamu inginkan.

9. Mengganti wallpaper chat di WA Web.

Selain topik obrolan, chat di WhatsApp bisa terasa sangat seru salah satunya adalah karena kamu bisa mengganti wallpaper chat-nya. Nah, hal yang sama sebenarnya juga bisa kamu lakukan di WhatsApp Web, lho! Caranya bisa kamu simak dalam ulasan di bawah ini.

  • Buka Settings, kemudian pilih “Chat Wallpaper”.
  • Pilih warna yang kamu inginkan. Kamu juga bisa pilih untuk menambahkan WhatsApp Doodles dengan mencentang “Add WhatsApp Doodles”. Kalau kamu tidak ingin menambahkan WhatsApp Doodles, nanti wallpaper chat-nya akan berwarna polosan.

Mengganti wallpaper chat

Memang disayangkan bahwa WhatsApp Web hanya mengizinkan kamu untuk mengganti warna wallpaper chat saja. Kendala yang sama juga dapat kamu temukan ketika kamu mencoba mengganti wallpaper chat di aplikasi WhatsApp for PC.

10. Mengaktifkan dark mode.

Saat ini, mode gelap alias dark mode bisa dibilang jadi fitur wajib di berbagai aplikasi. Soalnya, dark mode memang menawarkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah membuat aplikasi terlihat lebih nyaman di mata, bahkan saat kamu menggunakannya di kamar yang lampunya kamu matikan.

BACA JUGA:  Wattpad Mod Apk

Mode gelap ini sudah tersedia untuk APK WhatsApp di HP Android maupun iPhone. Dan untungnya, dark mode juga bisa kamu aktifkan di WhatsApp Web, lho! Bagaimana ya caranya?

  • Buka Settings, kemudian klik opsi “Theme”.
  • Pilih tema “Dark” dan klik “OK”.

Mengaktifkan dark mode

Bagaimana, mengaktifkan dark mode di WhatsApp Web ternyata sangat mudah, ya?

11. Log out WhatsApp Web.

Kalau kamu sudah selesai menggunakan WhatsApp Web, sebaiknya kamu langsung log out. Hal ini demi keamanan akun dan informasi pribadimu apabila terjadi hal yang tak diinginkan. Jadi, tak akan ada orang lain yang bisa mengakses akun WhatsApp-mu, deh.

Untuk log out dari WA Web, caranya juga sangat gampang seperti yang dijelaskan dalam tutorial berikut ini.

  • Klik ikon tiga titik yang ada pada panel sebelah kiri.
  • Pilih “Log out”.

Log out WhatsApp Web

Setelah proses logout berhasil, jendela browser akan membawamu ke halaman utama WhatsApp Web di web.whatsapp.com.

Tips Menggunakan WhatsApp Web

Pada dasarnya, WhatsApp adalah APK yang sangat mudah dipakai. Oleh karena itu, WhatsApp Web juga didesain agar sama mudahnya seperti versi aplikasi di HP. Untuk semakin mempermudahmu, ada beberapa tips yang bisa kamu coba saat menggunakan WA di web, nih!

1. Shortcut WhatsApp Web.

Tahukah kamu kalau ada beberapa shortcut (pintasan) yang bisa kamu lakukan saat menggunakan WhatsApp Web? Dengan begitu, kamu tak perlu repot klik sana-sini.

Berikut ini beberapa daftar shortcut WA Web yang bisa kamu gunakan:

  • Ctrl + Alt + N = New chat.
  • Ctrl + Alt + E = Mengarsipkan chat.
  • Ctrl + Alt + P = Membuka Profile.
  • Ctrl + Alt + , (tanda koma) = Membuka Settings.
  • Ctrl + Alt + Backspace = Menghapus chat.
  • Ctrl + Alt + Shift + F = Mencari obrolan.
  • Ctrl + Alt + Shift + M = Me-mute obrolan.
  • Ctrl + Alt + Shift + U = Menandai chat belum dibaca (unread).
  • Ctrl + Alt + Shift + P = Mem-pin chat.

2. Shortcut untuk mencari emoji.

Mengobrol menggunakan emoji memang sangat seru. Oleh karena itu, WhatsApp Web juga dilengkapi dengan tombol emoji agar kamu bisa bebas cari dan gunakan emoji apapun yang kamu mau.

Akan tetapi, harus menggerakkan kursor dan mengklik tombol emoji bisa jadi terasa merepotkan. Untungnya, kamu bisa gunakan shortcut untuk emoji hanya dengan mengetikkan kata tertentu, lho!

Triknya adalah dengan mengetik tanda titik dua (:) dulu, lalu ikuti dengan minimal 2 huruf pertama emoji yang ingin kamu tambahkan ke teks (dalam bahasa Inggris). Sebagai contoh, kamu bisa ketik “:th” di type box dan beberapa pilihan emoji akan langsung ditampilkan seperti ini.

3. Menggunakan 2 akun WA yang berbeda secara bersamaan dalam satu PC/laptop.

Buat kamu yang punya 2 akun WA yang berbeda, kamu mungkin menggunakannya di HP yang berbeda pula. Kalau begitu, apakah artinya kamu juga harus login ke WhatsApp Web dari 2 PC/laptop yang berbeda juga?

Ternyata tidak, lho. Meskipun kamu tidak bisa login ke 2 akun berbeda menggunakan browser yang sama, kamu bisa melakukannya dengan 2 browser yang berbeda. Misalnya di Firefox dan Chrome, atau Firefox dan Opera.

Alternatif lainnya adalah memanfaatkan Incognito Mode di Chrome, Private Window di Firefox, atau Private Mode di Opera. Jadi, kamu bisa login ke WhatsApp Web dan menggunakan 2 akun yang berbeda, deh!

4. Memformat teks di WhatsApp.

Seperti yang sudah kamu ketahui, kamu bisa memformat teks pesan di WhatsApp agar menjadi bold (tebal), italic (miring), strikethrough (dicoret), dan monospace. Trik ini bisa kamu lakukan baik di WhatsApp HP, WhatsApp Web, maupun aplikasi WhatsApp Desktop for PC.

Kalau kamu tidak tahu atau belum pernah mencoba memformat teks di WhatsApp, seperti ini caranya:

  • Menebalkan teks – Ketik asterisk atau tanda bintang (*) pada kedua sisi teks. Contohnya *jadi bold*.
  • Memiringkan teks – Ketik tanda garis bawah (_) pada kedua sisi teks. Contohnya _jadi miring_.
  • Mencoret teks – Ketik tanda tilde (~) pada kedua sisi teks. Contohnya ~jadi coret~.
  • Menulis teks monospace – Ketik 3 backtick (“`) pada kedua sisi teks. Contohnya “`jadi monospace“`.

Kesimpulan

Itu dia panduan lengkap cara menggunakan WhatsApp Web di PC/laptop. Berbeda dengan WhatsApp Desktop for PC yang harus kamu download dan install seperti aplikasi pada umumnya, WA Web tinggal kamu akses menggunakan browser yang biasanya kamu pakai.

WA Web merupakan ekstensi WhatsApp APK yang ada di HP Android, iPhone, maupun tablet. Jadi, fitur-fiturnya serupa dengan versi aplikasi HP-nya, meskipun WhatsApp Web memang punya beberapa keterbatasan. Selamat mencoba tutorial di atas, ya!

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Leave a Comment